Cara Membuat Posting Blog User Friendly

scannable content blog
Banyak blogger menulis posting tanpa memperhatikan kenyamanan pembacanya. Padahal, tulisan di blog atau media online/website bukan hanya soal kualitas isi tulisan, tapi juga soal penyajiannya.

Ibaratnya, dalam menulis posting di blog, bukan hanya soal APA yang diomongkan, tapi juga bagaimana CARA ngomongnya.

Para pakar web usability seperti di NN Group menekankan pentingnya SCANNABILITY dalam postingan di website/blog sehingga user friendly. Jadi, buatkan "Scannable Content", konten blog yang mudah dipindai dan enak dibaca!

Salah satu contoh tampilan naskah, teks, atau tulisan user friendly adalah posting ini :) Enak dibaca 'kan? Apa rumusnya?

Kita lakukan studi banding dulu. Bandingkan kedua tampilan naskah berikut ini.

TAMPILAN 1

Konten menarik merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh setiap pemilik website, toko online ataupun blog. Gunanya, selain untuk memuaskan pembaca konten yang menarik juga digunakan untuk meningkatkan strategi SEO. Hal demikianlah yang sering dipraktekkan oleh para blogger termasuk para pengelola Jasa SEO di Indonesia. Semakin baik konten yang anda buat, maka semakin besar kemungkinan blog anda mencapai kesuksesan. 
Coba perhatikan, konten adalah komponen utama di halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.


TAMPILAN 2

Konten menarik merupakan suatu hal yang wajib diberikan oleh setiap pemilik website, toko online ataupun blog. Gunanya, selain untuk memuaskan pembaca konten yang menarik juga digunakan untuk meningkatkan strategi SEO. 

Hal demikianlah yang sering dipraktekkan oleh para blogger termasuk para pengelola jasa seo di Indonesia. Semakin baik konten yang anda buat, maka semakin besar kemungkinan blog anda mencapai kesuksesan.


Coba perhatikan, konten adalah komponen utama di halaman website. Artinya, konten memegang peranan terbesar dalam optimasi on-page.


Dari kedua tampilan naskah di atas, Anda tentu lebih nyaman membaca TAMPILAN 2 'kan? Itulah yang dimaksud posting user friendly? Apa formulanya?

Cara Membuat Posting Blog User Friendly

Pastikan postingan Anda memenuhi kriteria ramah pengguna sebagai berikut sebelum klik "Publish":

  1. Align Left. Rata kiri adalah standar penulisan di website menurut W3C.
  2. Short Paragraph. Gunakan alinea pendek, maksimal lima baris per paragraf.
  3. White Space. Pastikan ada jarak antar-alinea, jangan bertumpuk seperti di TAMPILAN 1, tapi buatlah seperti TAMPILAN 2.
  4. Highlighted. Gunakan tebal, miring, quoted, bulleted & numbered list, dan subheading (subjudul).
  5. Font Size. Gunakan ukuran huruf minimal 13 Pixel. Gunakan pula jenis huruf yang "umum" seperti Arial, Tahoma, Open Sans, dll.
Kelima poin di atas akan membuat naskah atau posting blog Anda ramah pengguna, mudah dipindai (scannable), enak dibaca, nyaman di mata pengunjung, seperti pada contoh TAMPILAN 2 di atas.

Demikian ulasana ringkas tentang Cara Membuat Posting Blog User Friendly yang sering diabaikan blogger, khususnya blogger pemula (newbie).
Good luck and happy blogging!

Artikel ditulis oleh

My Photo

Admin CB Blogger

Share this :

Trying to be Professional Blogger. Berbagi Tips dan Trik Blogging, Desain, Posting, SEO, Template Blog SEO Friendly, Responsive, Fast Loading. Web: www.contohblog.com

Previous
Next Post »